Labu Jepang (Golden Mama)


Mau Coba Menanam Golden Mama? Berikut Tips Jitunya.. 
 
Dianjurkan supaya tanaman labu dirambatkan keturus-turus dan para-para yang sangat kuat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Budidaya labu jenis Golden Mama yang merupakan varietas baru dari buah labu sejenis waluh (cucurbita), ditenggarai cukup prospektif dimasa yang akan datang.

Budidaya labu Golden Mama tidaklah rumit. Media tanam yang digunakan pun sangat sederhana yaitu bisa menggunakan karung bekas yang diisi campuran pupuk kandang dan tanah. Golden Mama memerlukan tanah yang subur dan gembur. Ditempat yang agak tandus tanaman ini dapat tumbuh juga asalkan dipupuk dengan pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya.

Cara Tanam dan Pemeliharaan. Setiap tanaman labu membutuhkan satu lubang penanaman dengan diameter 25 cm dan dalamya 20 cm. Setiap lubang tanaman harus diisi dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg. kompos atau pupuk kandang itu harus dicampur dengan tanah galian sehingga menjadi gundukan kecil.

Seminggu setelah lubang tanaman itu dibuat, maka disetiap gundukan tanah dan pupuk itu dibenamkan 2 biji bibit labu. Bijii-biji labu itu ditanam, harus ditaburi dengan abu sekam atau dapur sebagai penolak hama bekicot dan cacing. Pemakaian abu dapur dilakukan sampai tanaman tumbuh setinggi 25 cm.

Dianjurkan supaya tanaman labu dirambatkan keturus-turus dan para-para yang sangat kuat. Cara membuat para-para yang kuat mula-mula lanjarkan bambu dipotong dengan ukuran 2 m. Ukuran tersebut dinaksudkan untuk tiang para-para setinggi 1,5 m diatas permukaan tanah dan 0,5 m didalam tanah, lebih pasnya lagi tinggi tiang disesuaikan dengan tinggi badan karena berhubungan dengan kemudahan dan pemeliharaanya.

Untuk satu bibit diperlukan emapat batang tiang dan satu turus. Setelah empat tiang dipancangkan, kemudian dipasang batang-batang bambu dihubungkan keempat tiang tersebut dan diatas batang bambu tersebut dan dipasang bambu-bambu yang telah dibelah menjadi 2 bagian.

Penyiangan dan Pembumbunan Tanaman. Penyiangan rumput perlu dilakukan 2-3 kali yaitu pada waktu tanaman berumur 10 hari, 3 minggu dan 6 minggu. Membunbun tanaman dilakukan 2 kali yaitu yaitu pada waktu tanaman berumur 3 minggu dan 6 minggu.

Pemupukan Tanaman. Kalau tanaman labu dibiarkan tumbuh dan berproduksi lebih dari 6 bulan, maka setiap 3 bulan sekali perlu diberi tambahan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg.

Kelembaban. Untuk menjaga kelembaban akar, maka dianjurkan untuk menaruh mulsa yang terdiri dari jerami atau rumput kering disekitar tumbuhan labu atau menggunakan mulsa hitam perak.

Kalau kelembaban melebihi ukuran dari yang dibutuhkan, maka buah akan berkurang. Sebaliknya daun-daun kan rimbun. Kalau daun-daun terlalu rimbun maka pucuk-pucuk batangnya harus dipotong, dalam praktek diketahui bahwa pemotongan pucuk-pucuk batang adpt memperbaiki pertumbuhan buah. Selain itu diupayakan agar bunga labu mudah dilihat kupu-kupu dan lebah agar lebih banyak terjadi penyerbukan dan pembuahan. (berbagai sumber).



Pencarian Populer :

Cabai Bubuk,cabe bubuk kemasan,Jahe Bubuk,jahe bubuk murni,jahe bubuk kemasan,produsen bubuk kunyit, harga kunyit bubuk ,Bubuk Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya mengatasi pigmentasi kulit, Jual Bubuk Kunyit Terbaru Online - Harga Bubuk Kunyit Murah, Promo  Diskon, Produk Original, Bergaransi,Kunyit Bubuk,kunyit bubuk kemasan,kunyit bubuk beli dimana,kunyit bubuk desaku,jual kunyit bubuk, manfaat kunyit bubuk,masker kunyit bubuk,Merica Bubuk,Lada Bubuk,lada bumbu dapur



bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar