Apa Bedanya? Yakiniku Vs Teriyaki


Penulis: Graminda  |  

Banyaknya restoran Jepang di Indonesia membuat kita lebih mengenal masakan khas negeri sakura tersebut. Sebut saja chicken teriyaki, ebi furai, beef yakiniku, dan juga minuman khasnya yaitu ocha. Saya sendiri sangat menyukai masakan Jepang, terutama olahan teriyaki dan yakiniku.

Walaupun sering membeli dan menyantap, masih banyak orang yang bingung perbedaan antara teriyaki dan yakiniku. Rasanya memang sama-sama manis, penampilannya pun sekilas cukup mirip. Namun, ternyata perbedaannya tidak sedikit, lho. Penasaran apa saja bedanya?

1. Arti Nama

Kata “Yaki” dalam yakiniku maupun teriyaki memiliki arti yang sama, yaitu dibakar. Ini menunjukan kalau yakiniku dan teriyaki sebenarnya adalah suatu metode memasak, bukan nama makanan. Sementara itu, di Jepang, “Niku” memiliki arti daging dan “Teri” berarti mengkilap. Jika digabungkan, yakiniku berarti daging yang dibakar sedangkan teriyaki adalah makanan mengkilap setelah dibakar.

Yakiniku sendiri merupakan makanan modifikasi dari bulgogi dan bbq yang telah disesuaikan dengan lidah orang Jepang. Di Indonesia, keduanya menjadi favorit pelanggan di setiap restoran Jepang.

2. Bahan yang Digunakan

Bahan dasar yakiniku dan teriyaki ternyata hampir mirip. Keduanya berbahan dasar kecap asin, gula merah, dan bawang putih. Hanya saja ada tambahan bahan lain yang membedakannya.

Yakiniku memiliki bahan tambahan berupa sake dan wijen. Sedangkan bahan tambahan teriyaki adalah air, madu, jahe, dan tepung maizena. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang digunakan harus benar-benar segar. Supaya rasa yang didapatkan bisa sesuai dan pastinya lezat.

3. Cara memasak

Bahan yang diolah dengan teriyaki biasanya adalah ayam, tapi juga bisa diaplikasikan pada sayuran, tahu, maupun daging. Berbeda dengan teriyaki, yakiniku biasanya digunakan untuk membakar daging yang sudah diiris kecil dan tipis.

Cara memasak dengan metode teriyaki adalah dengan merendam daging bersama dengan bahan-bahan saus selama 15 menit sebelum dipanggang. Sisa saus rendaman ditambahkan tepung maizena hingga mengental dan dijadikan saus siram. Sedangkan metode yakiniku lebih simpel dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu mencelupkan irisan daging ke campuran bahan saus lalu dibakar. Lakukan berkali-kali hingga daging dirasa matang. Mudah bukan?

4. Rasa dan Tekstur

Teriyaki memiliki tekstur yang lebih kental akibat karamelisasi gula dan madu serta tambahan tepung maizena. Rasa yang dihasilkan adalah manis dan sangat cocok bagi anda yang tidak menyukai makanan pedas. Sedangkan yakiniku bertekstur cair karena tidak memiliki tambahan bahan pengental apapun. Rasa masakan dengan yakiniku adalah manis dan gurih. Benar-benar menggugah selera ya!

Membacanya saja jadi membuat perut anda lapar, kan? Kini anda pun tidak akan kebingungan lagi untuk memilih teriyaki atau yakiniku. Walaupun sama-sama kecoklatan, tapi tekstur dan rasanya berbeda bukan? Anda juga bisa mencoba membuat sendiri di rumah, lho. Selamat mencoba!


Sumber : https://resepkoki.id/2018/07/05/apa-bedanya-yakiniku-vs-teriyaki/




bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar