5 Langkah Praktis Membuat Stik Keju Mozzarella yang Lumer nan Renyah


Penulis: Tia | Editor: Ria  |  

Bagi penggemar keju, tren keju mozzarella saat ini pasti sangat menggembirakan. Sepertinya, hampir semua makanan bisa diberi topping lelehan keju mozzarella. Bahkan, potongan keju mozzarellanya sendiri juga dijadikan camilan yang lumer di mulut. Salah satunya yaitu stik keju mozzarella ini.

Banyak yang mengira stik keju mozzarella ini adalah makanan mewah dan sulit dibuat. Padahal, saya yakin anda yang pemasak pemula juga pasti bisa membuatnya tanpa gagal. Dan yang paling penting, bahan-bahannya sedikit serta proses membuatnya sangat praktis.

1. Potong keju mozzarella secara memanjang

Potong keju mozzarella secara memanjang, menyerupai bentuk stik. Untuk ketebalannya, bisa disesuaikan dengan selera anda. Sekitar 0,5-1 cm adalah ketebalan yang pas, tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis.

2. Kocok telur bersama bumbu untuk pelapis dan perekat

Untuk membuat stik keju mozzarella, anda membutuhkan 1 butir telur sebagai pelapis sekaligus perekat tepung. Telur dikocok lepas, kemudian diberikan bumbu untuk membuat stik keju mozzarella lebih bercitarasa. Bumbunya cukup sederhana, seperti garam, bawang putih bubuk, dan lada putih bubuk saja.

3. Pisahkan tepung terigu dan tepung roti dalam 2 wadah

Tepung pelapis yang digunakan untuk membuat stik keju mozzarella tidak hanya 1 jenis, lho. Tapi 2 jenis, yaitu tepung terigu dan tepung roti. Tepung terigu digunakan sebagai pelapis pertama, sementara tepung roti sebagai pelapis kedua yang membuat stik keju mozzarella terasa renyah dan penampilannya cantik.

Karena digunakan terpisah, maka penempatan tepung terigu dan tepung roti juga harus dipisah ke dalam 2 wadah berbeda. Kalau bisa, wadahnya yang agak datar saja, seperti piring, supaya memudahkan anda dalam melapisi stik keju mozzarella.

4. Balur potongan keju dengan tepung terigu dan telur sebanyak 2 kali

Urutan melapis stik keju mozzarella adalah tepung terigu, kemudian telur, dan terakhir tepung roti. Ada sedikit trik yang bisa anda lakukan supaya stik keju mozzarella tidak pecah ketika digoreng. Yaitu, balurkan potongan keju dengan urutan berikut: tepung terigu – telur – tepung terigu – telur – tepung roti. Dengan membalurkan ke tepung terigu dan telur sebanyak 2 kali, potongan keju akan terlapisi dengan baik.

5. Goreng stik keju secara deep fry dengan banyak minyak

Setelah semua potongan keju terlapisi, anda bisa mulai memanaskan minyak. Gunakan minyak yang cukup banyak ya, karena stik keju mozzarella harus digoreng secara deep fry untuk hasil lumer sempurna dan renyah-garing di bagian luarnya. Kemudian, goreng stik keju mozzarella dengan api kecil hingga warnanya berubah kuning keemasan. Angkat dan tiriskan sisa minyaknya.

Mendapatkan keju mozzarella tidak selalu harus beli, lho. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut yang cukup mudah. Dengan pengeluaran yang lebih sedikit, anda bisa mendapatkan keju mozzarella yang lebih banyak. Hemat, kan?

Sumber : https://resepkoki.id/2018/07/19/5-cara-membuat-stik-mozarella/



bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar