5 Tips Agar Santan Tidak Pecah


Penulis: Graminda | Editor: Ria  |  

Saya jamin setiap orang pasti pernah mendengar istilah “santan pecah”. Istilah tersebut merujuk pada santan yang menggumpal dan tidak menyatu dengan kuah masakan. Santan yang sudah pecah tidak akan terasa gurih, aromanya pun tidak wangi.

Saya pernah dengar beberapa mitos agar santan tidak pecah. Salah satunya yaitu memasukan sendok ke dalam masakan sembari diaduk. Fakta atau hoax? Daripada tidak yakin, simak saja yuk tips yang sudah teruji dan terbukti sukses berikut.

1. Gunakan Api Kecil-Sedang

Gunakan api kecil hingga sedang jika anda memasak dengan santan. Api yang terlalu besar bisa membuat santan cepat pecah. Hal ini dikarenakan kuah (air) akan cepat mendidih dan membuat letupan gelembung yang memecah santan.

2. Terus Aduk

Tips satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Aduk masakan anda dengan perlahan dan konsisten. Ingat, pengadukan harus dilakukan terus menerus agar santan tidak cepat pecah dan terlihat memisah dari kuah.

3. Tambahkan Tepung Beras

Sebelum dimasukan ke masakan, campur santan dengan sedikit tepung beras. Aduk hingga merata dan larut sempurna. Adanya tambahan tepung beras mampu menyatukan santan dengan kuah masakan anda.

4. Masukan Santan Encer Terlebih Dulu

Beberapa masakan menggunakan dua jenis santan, yaitu santan encer dan kental. Masukan santan encer terlebih dulu dan masak bersama bumbu dan bahan hingga mendidih. Kemudian, tambahkan santan kental di akhir dan kecilkan api kompor anda. Jangan lupa tetap sembari diaduk ya.

5. Gunakan Santan Instan

Sesuai namanya, santan instan bubuk maupun cair memang benar-benar siap pakai. Santan instan tersebut sudah ditambahkan bahan penstabil (emusifier). Sehingg,a tekstur dan konsistensi santan tetap stabil ketika dimasak.

Sekarang, anda bisa tenang memasak tanpa takut santan pecah. Perlu diingat, tips pertama dan kedua adalah aturan dasar yang wajib dilakukan saat memasak dengan santan. Yuk coba!


Sumber : https://resepkoki.id/2018/07/26/5-tips-agar-santan-tidak-pecah/



bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar