Mengenal Talas Ungu (Taro)



Penulis: Windy | Editor: Ria  |  

Tahukah anda dengan makanan bernama taro? Anda mungkin sering mendapati taro jadi flavor atau pilihan rasa rasa makanan dan minuman. Seperti kue cubit rasa taro, bubble tea taro, atau es krim rasa taro.

Taro adalah jenis umbi yang berwarna ungu. Tak jarang, banyak yang menganggap kalau taro adalah ubi ungu. Namun, taro berbeda dengan ubi ungu yang kita kenal, lho.

1. Apa Itu Taro?
Taro atau talas ungu merupakan salah satu tanaman umbi akar. Dalam keseharian talas ungu lebih dikenal dengan talas pontianak. Warna ungu pada daging yang padat dan besar, membuat talas ungu banyak diminati. Talas ungu banyak tumbuh di bagian India selatan dan Asia selatan, termasuk Indonesia.

2. Rasa dan tekstur
Rasa dan tekstur talas ungu hampir sama dengan kentang, berpati namun lebih manis. Talas ungu berbeda dengan jenis lainnya karena memiliki rasa seperti kacang (nutty) dan vanilla secara bersamaan.

Tekstur talas ungu tidak terlalu pulen seperti talas lainnya, tapi beraroma khas dan wangi. Maka dari itu mengapa taro sering dijadikan bahan pemberi citarasa.

3. Cara Memilih
Supaya mendapatkan talas yang bagus dan enak kita harus tahu triknya. Carilah talas yang memiliki berat sesuai dengan ukuran. Jika berat talas lebih ringan dari ukurannya kemungkinan talas sudah kering.

Pilih talas yang bersih dari lumpur dan bebas dari bintik-bintik hitam. Selanjutnya, pilihlah talas ungu dengan tekstur yang baik, jika terasa lembek sebaiknya jangan dipilih.

4. Cara Mengolah
Saat membersihkan talas, anda harus berhati-hati karena getah talas menyebabkan gatal pada kulit. Jadi, pegang bagian atas batang saja atau gunakan sarung tangan plastik saat mengupas kulitnya.

Selain di kulit tangan, mengkonsumsi talas juga bisa meninggalkan gatal di mulut dan tenggorokan akibat pengolahan yang kurang tepat. Untuk menurunkan rasa gatal, rendam talas yang sudah dipotong-potong dalam larutan air garam selama 20 menit.

Talas dapat diolah dengan cara pengukusan, perebusan, dan pemanggangan. Selain itu, anda juga bisa membuat makanan dan minuman lezat dan mudah seperti, taro bubble tea, yogurtdan frozen yogurt, taro buns, taro cake, pudding, macaroon, kue cubit dan lapis bogor.

Sudah cukup jelas kan ya, kalau taro itu bukanlah ubi ungu. Melainkan talas ungu, lho. Ragam olahannya pun tidak kalah menarik dibandingkan ubi ungu. Jadi, olahan dari taro apa yang menjadi favorit anda?


Sumber : https://resepkoki.id/2018/08/20/mengenal-talas-ungu-taro/



bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar