5 Bahan Makanan yang Bisa Dibuat Jadi Bakso Nikmat


Penulis: Tia | Editor: Ria  |  

Kecintaan saya pada bakso sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Sejak saya kecil, bakso tidak luput mengisi hari-hari saya. Tekstur bakso yang kenyal dan rasanya yang gurih, bahkan membuat saya tidak ingin melakukan diet karena tidak mau berhenti menyantapnya.

Bakso selama ini identik dengan daging sapi yang dibentuk bulat-bulat dan direbus. Padahal, ternyata bukan hanya daging sapi saja yang bisa dibuat jadi bakso. Bahan makanan lain pun juga bisa dan tidak kalah lezatnya.

1. Udang

Olahan udang memang sudah banyak sekali. Dibakar, digoreng tepung, dan ditumis dengan berbagai saus. Namun, kalau anda ingin yang sedikit berbeda, udang bisa diolah lho menjadi bakso yang lezat.

Untuk membuat bakso udang, anda perlu menyiapkan 2 jenis daging udang, yaitu yang digiling halus dan yang hanya dicincang kasar. Penggunaan 2 jenis daging udang ini akan membuat bakso terasa lembut, tetapi tetap memiliki tekstur khas udang. Udangnya pun harus yang segar, ya. Supaya bakso yang dihasilkan tidak bau amis dan rasanya enak. Setelah dicampur dengan berbagai bumbu, putih telur, dan tepung sagu, adonan dibentuk bulat-bulat dan direbus dengan api kecil hingga mengapung.

2. Ikan tenggiri

Tidak hanya untuk pempek dan siomay, kelezatan daging ikan tenggiri ternyata juga bisa dirasakan dalam bentuk bakso. Bakso ikan tenggiri ini sebenarnya sudah sangat lazim dibuat dan disantap, terutama di daerah Sumatera Selatan. Bahkan untuk menu mie ayam bakso dan bakso kuah, di sana menggunakan bakso ikan tenggiri.

Bakso ikan tenggiri berwarna putih bersih. Sangat menarik untuk disantap. Untuk membuatnya, anda memerlukan fillet ikan tenggiri yang telah dihaluskan. Tekstur daging ikan tenggiri sendiri sudah sangat lembut dan rasanya pun gurih. Jadi, dijamin bakso ikan buatan anda tidak akan terasa keras dan tidak perlu banyak bumbu supaya sedap.

3. Daging ayam

Anda tahu tidak, kalau banyak bakso yang dijual itu terbuat dari daging ayam? Sekilas warnanya memang tidak jauh berbeda dengan daging sapi. Hanya saja, saat disantap, teksturnya lebih padat dan keras dibandingkan daging sapi. Daging ayam yang biasa digunakan untuk membuat bakso adalah fillet dada ayam. Soalnya, bagian ini tidak memiliki lemak yang bisa bikin bakso jadi alot.

Tidak hanya jadi bakso sendiri, daging ayam juga sering digunakan sebagai campuran bakso sapi. Biasanya, komposisinya adalah 70% daging sapi dan 30% daging ayam. Selain untuk menghemat, penambahan daging ini juga bertujuan supaya bakso sapi tidak terlalu lembek.

4. Daging dan urat sapi

Bahan yang satu ini sih sudah jelas paling umum untuk dibuat bakso. Daging sapi terbaik untuk digunakan membuat bakso adalah bagian atas kaki sapi atau sengkel. Bagian ini merupakan bagian tubuh sapi yang sangat aktif, sehingga cukup banyak otot dan sedikit lemak sehingga tidak akan membuat bakso menjadi alot.

Bakso dari daging sapi memiliki tekstur yang spesial dari bakso lainnya karena kenyal dan berserat. Apalagi jenis bakso sapi urat, yang menggunakan urat dan tetelan sebagai campurannya. Untuk menyantapnya, jangan lupakan kuah kaldu dari tulang sapi dan tambahan bihun, ya.

5. Soun

Soun jadi bakso? Sangat bisa sekali, kok. Namanya bakso lo hoa. Bakso ini merupakan sajian khas oriental yang juga dikenal dengan nama bakso rambutan.

Untuk membuat bakso ini, soun dicampurkan bersama daging ayam dan daging udang yang dicincang halus. Kemudian, ditambahkan wortel dan jamur kuping untuk memperkaya kandungan gizinya, lalu hidangkan bersama kuah dari kaldu ayam, deh.

Dari beberapa jenis bakso, pilihan saya tetap jatuh pada bakso daging sapi komplit dengan irisan tetelan dalam sajiannya. Namun, bakso ikan tenggiri juga tidak kalah enak. Kalau anda sendiri, selain bakso sapi, ingin coba bakso apa?


Sumber : https://resepkoki.id/2018/04/18/5-bahan-makanan-yang-dibuat-jadi-bakso/




bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar