6 Aneka Saus untuk Dressing Salad yang Lezat


Penulis: Graminda  |  

Anda pecinta salad? Wah, saya pun sama. Setiap menyantap salad, saya tidak lupa menambahkan saus untuk dressing supaya lebih lezat. Biasanya, saya sendiri menggunakan olive oil atau mayonaise sebagai dressing.

Selain olive oil dan mayonaise masih ada banyak sekali jenis saus untuk dressing salad yang patut anda coba. Apa saja?

1. Saus Thousand Island

Seperti namanya, saus ini pertama kali diracik di Thousand Islands, New York. Bahan dasar dari saus salad ini adalah mayonaise dan saus tomat. Sehingga, citarasanya cukup creamy dan manis-gurih. Jika ingin membuat saus Thousand Island sendiri anda hanya perlu mencampur mayonaise, saus sambal, saus tomat, bawang bombay, garam, gula, merica, bawang putih cincang, dan mustard.

2. Saus Blue Cheese

Saus Blue Cheese sangat terkenal di daerah asalnya, yaitu Amerika. Saus yang memiliki tekstur kental ini berwarna putih dan rasanya asam. Saus Blue Cheese juga terkenal sebagai saus celup untuk cemilan seperti sayap ayam goreng dan kentang. Anda dapat mencoba saus Blue Cheese di rumah dengan mencampurkan mayonaise, susu, sour cream atau yoghurt, bawang bombay bubuk, dan bawang putih bubuk.

3. Saus Ranch Dressing

Saus ini menjadi saus dressing paling favorit di Amerika dan Kanada. Rasa khas dari saus berwarna putih ini adalah asam-gurih dan pedas. Wajar saja rasanya seperti itu karena terdiri dari campuran mayonaise, air jeruk lemon, bawang putih cincang, garam, lada hitam, buttermilk, bawang bombay, biji mustard, paprika, dan daun herbal seperti parsley. Saus ini biasanya dimakan bersama sayuran keras seperti brokoli atau wortel. Namun karena teksturnya yang kental, bisa juga dijadikan saus pelengkap cemilan seperti tacos, kentang goreng, atau ayam goreng.

4. Saus Honey Mustard

Rasa saus ini langsung bisa anda tebak dari namanya yaitu manis dan pedas. Bahan yang digunakan untuk membuat saus Honey Mustard sangat sederhana, yaitu hanya madu dan mustard dengan tambahan sedikit olive oil. Sangat cocok bagi anda yang ingin makan makanan bergizi tapi tetap merasakan rasa manis.

5. Saus Asian Peanut

Saus Asian Peanut sangat sering anda jumpai di kehidupan sehari-sehari. Betul sekali! Biasanya digunakan sebagai bumbu sate. Namun, jika anda ingin menggunakannya sebagai salad dressing, anda perlu membuat saus tersebut lebih halus. Bahan dasarnya adalah kacang tanah goreng, daun jeruk, air, kecap manis, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula. Rasa saus ini adalah manis-gurih tapi anda juga dapat membuatnya sedikit pedas dengan menambahkan cabai rawit.

6. Saus Vinaigrette

Saus Vinaigrette merupakan salad dressing paling sederhana yang terbuat dari campuran garam, cuka, merica, dan salad oil. Saus ini sangat populer karena dapat disiapkan dengan cepat bahkan oleh orang awam sekalipun. Salad oil yang dapat anda gunakan untuk membuat salad dressing ini tergantung kepada selera anda, bisa minyak zaitun atau minyak canola. Rasa yang akan dihasilkan adalah asam dengan sedikit pedas. Sebagai variasi anda dapat menambahkan paprika, irisan bawang bombay, atau air jeruk lemon. Beberapa negara bahkan membuat saus vinaigrette khas tersendiri seperti French Vinaigrette dan Italian Vinaigrette Dressing.

Semakin semangat bukan untuk menyantap salad anda? Bahan-bahan salad dressing diatas dapat anda sesuaikan dengan selera maupun kondisi anda. Misalnya jika anda sedang diet, anda bisa gunakan susu bebas lemak. Selamat mencoba!


Sumber :  https://resepkoki.id/2018/07/04/saus-untuk-dressing-salad/




bumbu-dapur-bubuk-deDaun, serbuk-ketumbar, lada-hitam-bubuk, kunyit-bubuk, ketumbar-bubuk, jahe-bubuk, cabe-bubuk, cabai-bubuk, merica-bubuk, lada-putih-bubuk, lengkuas-bubuk



ketumbar,kunyit,jahe,lada-putih,merica,cabai,lengkuas,lada-hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar